Syarat Kredit Usaha Rakyat BRI Yang Harus Dipersiapkan

Posted on

Pemerintah tengah gencar dalam upaya mempelopori masyarakat untuk berbisnis atau memulai usaha. Salah satu dukungan dari pemerintah diwujudkan dengan adanya Kredit Usaha Rakyat atau yang lebih familiar dengan KUR. Dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan berbagai bank untuk memberikan pinjaman dana kepada pelaku bisnis terutama pelaku UMKM. salah satu bank yang memberikan KUR adalah BRI.

Bank Repubilk Indonesia menjadi pioner sebagai lembaga keuangan yang telah memberikan KUR ke berbagai jenis pelaku usaha. KUR sangat membantu masyarakat yang membutuhkan tambahan modal guna membangun dan mengembangkan bisnisnya agar lebih besar. Melalui KUR, masyarakat tidak perlu ragu untuk terus memajukan bisnisnya dan bahkan membantu mengembangkan perekonomian negara. Namun, terdapat beberapa syarat Kredit Usaha Rakyat BRI bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan.

Sebelum dijelaskan mengenai syarat Kredit Usaha Rakyat BRI, alangkah baiknya jika dijabarkan mengenai tiga jenis KUR BRI terlebih dahulu. KUR BRI ditujukan bagi pelaku usaha di sektor perikanan, pertanian, perdagangan, dan industri pengolahan. Pertama, KUR Mikro BRI yang ditujukan kepada pelaku UMKM dan koperasi dengan pinjaman maksimal hingga 25 juta.

KUR jenis ini paling banyak diminati dan tanpa adanya jaminan dalam prosesnya. Kedua, KUR Ritel yang ditujukan kepada usaha yang lebih besar dengan pinjaman mulai dari 25 juta hingga maksimal 500 juta. Ketiga, KUR TKI yang ditujukan kepada para TKI yang sudah atau akan berangkat kerja keberbagai negara tertentu dengan jumlah pinjaman maksimal 25 juta.

Apa Saja Syarat Kredit Usaha Rakyat BRI?

 Syarat Kredit Usaha Rakyat BRI
Syarat Kredit Usaha Rakyat BRI

 

Terdapat berbagai macam persyaratan yang berbeda untuk setiap jenis KUR. Berikut rinciannya:

  1. Persyaratan Administrasi

Secara umum syarat Kredit Usaha Rakyat BRI yang harus dipenuhi adalah syarat administrasi dengan menyiapkan beberapa dokumen seperti identitas diri misalnya KTP atau SIM dan Kartu Keluarga. Khusus bagi KUR Mikro dan KUR Ritel ditambah dengan adanya Surat Izin Usaha terkait beserta dokumen legalitas usaha lain yang mendukung seperti akta pendirian.

  1. Syarat KUR Mikro dan KUR Ritel

Syarat yang harus dipenuhi jika menggunakan jenis KUR tersebut yaitu individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif dan minimal telah 6 bulan aktif melakukan usaha. Selain itu, tidak sedang menerima kredit dari bank atau lembaga lain. Khusus bagi KUR Ritel disertai dengan adanya dokumen berupa bukti jaminan seperti sertifikat tanah, BPKB Mobil dll. Jenis KUR Mikro memiliki jangka waktu maksimal 3 tahun untuk jenis Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi. Sementara KUR Ritel memiliki jangka waktu 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk jenis Kredit Investasi.

  1. Syarat KUR TKI 

Selain syarat administrasi yang telah dijelaskan, KUR TKI perlu dilengkapi dengan adanya Visa, paspor, dokumen perjanjian penempatan dan perjanjian dengan pengguna jasa TKI tersebut. selain itu jangka waktu yang diberikan yaitu 3 tahun.

Cara mengajukan KUR BRI cukup mudah yaitu dengan datang langsung ke bank tersebut untuk mengisi formulir permohonan. Jangan lupa untuk membawa dokumen administrasi lainnya sebagai persyaratan pengajuan KUR BRI. Selanjutnya pihak bank akan menilai kelayakan usaha dari pemohon sebelum memberikan keputusan.

Kriteria calon debitur yang disetujui memiliki kriteria seperti memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, dan tidak memiliki catatan terkait kredit macet. Selamat berbisnis dan maju terus pengusaha Indonesia!