Syarat Membuat NPWP Untuk Pribadi

Posted on

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor pokok yang diberikan kepada wajib pajak yaitu individu atau badan usaha yang telah menghasilkan pendapatan tertentu sebagai sarana administrasi perpajakan yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai warga sipil. NPWP bagi perorangan yang telah memiliki pendapatan tetap dengan batas minimal yang sudah ditetapkan oleh NPWP hukumnya adalah wajib.

Hal itu sudah diatur dalam perundang-undangan yang mengatur tentang perpajakan. Oleh sebab itu, bagi anda yang belum memiliki NPWP dihimbau untuk segera membuatnya. Ada beberapa syarat membuat NPWP untuk masing-masing wiraswasta, karyawan, maupun perorangan yang telah menikah.

 

Syarat Membuat NPWP Bagi Wiraswasta

Syarat Membuat NPWP
Syarat Membuat NPWP

 

Perlu diketahui bahwa syarat dan ketentuan membuat NPWP itu berbeda-beda dan semua itu berdasarkan golongan pekerjaannya, apakah itu adalah seorang karyawan dengan pekerjaan tetap atau wiraswasta atau pengusaha dengan pekerjaan yang bebas. Apabila anda adalah seorang wiraswasta dan memiliki usaha, maka ketika hendak membuat NPWP harus memperhatikan syarat-syarat berikut:

  1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotocopy SKU (Surat Keterangan Usaha)
  3. Mengisi data pada formulir keterangan pernyataan usaha dengan tanda tangan di atas materai
  4. Mengisi data pada formulir pendaftaran NPWP di kantor pajak

 

Syarat Membuat NPWP Bagi Karyawan

Berbeda dengan wiraswasta, syarat membuat NPWP bagi seorang karyawan atau pegawai pun memiliki ketentuannya sendiri. Persyaratan ini dikhususkan bagi anda seorang karyawan maupun pegawai di perusahaan maupun instansi pemerintah yang tidak memiliki usaha. Jika anda adalah seorang karyawan, maka anda harus memperhatikan persyaratan membuat NPWP berikut:

  1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk WNI
  2. Fotocopy Passport dan KITAP atau KITAS (yang merupakan bentuk kartu izin tinggal) untuk WNA
  3. Fotocopy SKK (Surat Keterangan Kerja) dari perusahaan tempat anda bekerja
  4. Fotocopy SK (Surat Keputusan) untuk pegawai negeri
  5. Mengisi data pada formulir pendaftaran di kantor pajak

 

Syarat Membuat NPWP Bagi Wanita yang Telah Menikah

Selain persyaratan yang dibedakan antara wiraswasta dengan karyawan/pegawai, ternyata bagi wanita yang bekerja dan sudah menikah juga memiliki syarat dan ketentuan membuat NPWP sendiri, lho. Secara hukum, pajak memandang seorang wanita yang sudah menikah walaupun ia bekerja, maka NPWP atas pekerjaannya tetap dibebankan kepada suami. Hal ini dikarenakan segala kebutuhan istri beserta anak-anak sudah masuk dalam tanggungan suami. Sehingga termasuk pekerjaan dan NPWP yang menjadi tanggungannya, juga sudah dibebankan pada NPWP suami. Namun, apabila anda adalah seorang wanita yang sudah menikah dan bekerja melalui usaha serta ingin memiliki NPWP sendiri, maka anda bisa membuatnya dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  3. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) suami
  4. Fotocopy SKK dari perusahaan atau SK jika bekerja sebagai pegawai negeri
  5. Fotocopy Surat Pernyataan Perjanjian Pemisahan Penghasilan & Harta
  6. Mengisi data pada formulir pendaftaran di kantor pajak

Meskipun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat NPWP berbeda-beda bagi masing-masing wiraswasta, karyawan, maupun wanita yang sudah menikah, namun prosedur dalam pembuatan NPWP adalah sama. Prosedurnya cukup mudah karena ada 2 opsi yang bisa anda pilih yaitu bisa dilakukan secara online atau offline dengan mengunjungi langsung ke kantor pajak di kota anda.

Itulah beberapa informasi tentang syarat membuat NPWP untuk pribadi. Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam membuat NPWP.