Tabungan Anak Mandiri: Tabungan Bank Khusus Anak

Diposting pada

Mengajarkan anak untuk menabung merupakan suatu kegiatan yang baik. Terdapat berbagai manfaat dari mengajarkan anak untuk menabung. Selain dapat melatih anak untuk mengatur keuangannya sendiri, mengajarkan anak menabung juga dapat memberi anak pelajaran untuk disiplin, menghargai uang dan hidup hemat. Untuk langkah awal mengajarkan anak menabung, anda sebagai orang tua dapat menyuruh anak anda untuk menyisihkan uang jajan hariannya ataupun menabungkan beberapa nominal uang yang anak anda dapatkan dari kerabat ketika lebaran atau ulang tahun.

Mengajarkan anak untuk menabung dapat dilakukan dengan menyediakan celengan atau wadah untuk anak menyimpan uangnya. Namun, seiring berkembangnya zaman, ada baiknya bagi anda sebagai orang tua untuk mulai mengajarkan anak untuk menabung di Bank sebagai penyedia layanan perbankan. Menabung di Bank sangatlah praktis dan sederhana sebab anak tidak perlu menyimpan banyak uang di berbagai wadah atau celengan. Dalam aspek keamanan, Bank juga memiliki keamanan berlapis untuk melindungi uang yang disetorkan nasabahnya. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan mendesak, nominal uang yang anda setorkan dapat sewaktu-waktu ditarik tanpa menunggu. Tentunya, menabung di Bank sangatlah mudah dan terjamin, bukan?

Berbagai Bank di Indonesia telah mengeluarkan jenis tabungan untuk anak, salah satunya Bank Mandiri. Tabungan anak Mandiri sendiri dapat disebut dengan jenis TabunganKu. TabunganKu merupakan jenis layanan yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Berikut ini informasi seputar tabungan anak Mandiri yang dirangkum khusus untuk anda.

TabunganKu sebagai Tabungan Anak Mandiri

TabunganKu sebagai Tabungan Anak Mandiri
TabunganKu sebagai Tabungan Anak Mandiri

 

TabunganKu merupakan tabungan perorangan yang dikelola oleh Bank Mandiri. Apabila anda ingin mengajarkan anak untuk menabung di Bank, maka anda dapat membuka rekening TabunganKu untuk anak anda dengan status rekening perwalian. Setoran awal yang perlu diberikan juga sangatlah murah yakni Rp. 20.000,-, dan setelahnya nasabah hanya perlu melakukan penyetoran minimal Rp. 10.000,-. Rekening ini juga tidak menetapkan biaya administrasi bulanan sehingga tidak akan memotong tabungan anak anda.

Rekening TabunganKu sendiri merupakan varian layanan penyimpanan uang yang paling mudah didapatkan nasabah perbankan. Setidaknya, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu anda penuhi untuk memiliki rekening Tabunganku. Syarat dan ketentuan yang berlaku di antaranya ialah.

  • Mengisi formulir dan menunjukkan KTP sebagai wali dari anak yang akan membuka rekening
  • Setoran awal dapat dilakukan di seluruh cabang Mandiri di Indonesia
  • Untuk melakukan penarikan atau penyetoran, anak didampingi orang tua perlu membawa buku tabungan
  • Penarikan tunai hanya dapat dilakukan di cabang tempat nasabah membuka rekening
  • Penarikan saldo hanya dapat dilakukan satu bulan sekali
  • Apabila penarikan dilakukan lebih dari satu kali dalam sebulan, maka transaksi seterusnya akan dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,-.
  • Penarikan tunai dan non tunai sebesar kurang dari Rp.10.000.000,- dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-.
  • Penarikan tunai yang dilakukan di mesin ATM hanya bisa satu kali dalam sehari dan tidak lebih dari Rp. 1.000.000,-.
  • Masa berlaku kartu tabungan selama 10 tahun terhitung dari pertama kali rekening dibuka.

Berbagai syarat dan ketentuan yang telah disebutkan di atas tentunya perlu dipenuhi agar anak anda bisa terus menikmati layanan tabungan anak Mandiri atau TabunganKu. TabunganKu sebagai tabungan untuk anak memberikan kemudahan dalam penyimpanan uang yang dimiliki. Jadi, tunggu apalagi, segeralah memulai untuk mengajarkan anak anda menabung karena menabung dapat mengajarkan anak anda untuk disiplin, hemat, dan memiliki skala prioritas keuangan yang tinggi.