Tips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar

Diposting pada

Tips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar. Kepraktisan merupakan hal yang dipilih banyak orang di jaman sekarang termasuk dalam hal transaksi keuangan. Banyak orang yang lebih memilih menyimpan uang mereka di bank, dan menggunakannya melalui kartu kredit daripada tunai. Sehingga kartu kredit sudah merupakan keharusan bagi mereka yang merasa ribet membawa uang tunai kemana-mana. Nah, bagi Anda yang termasuk orang yang seperti itu, berikut tips memilih kartu kredit yang baik dan benar karena pasti Anda tidak mau kan kalau asal-asalan dalam memilih ‘tempat’ uang Anda.

 

5 Tips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar

Tips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar
Tips Memilih Kartu Kredit yang Baik dan Benar

 

Tanpa perlu pembahasan yang panjang lebar, berikut 5 tips agar Anda tidak salah dalam memilih kartu kredit:

 

1.Pertimbangkan Jenis Kartu Kreditnya

Hal yang perlu diperhatikan yakni jenis kartu kredit apa yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Biasanya, bank akan menawarkan kartu kredit klasik, emas dan platinum. Sesuai dengan urutannya, kartu kredit emas dan platinum memiliki limit uang yang lebih besar dibandingkan dengan kartu kredit klasik. Fasilitas yang ditawarkan pun lebih lengkap. Pastikan sesuaikan jenis kartu kredit tersebut dengan pendapatan tetap Anda selama setahun atau pun sebulan. Semakin  tinggi pendapatan, maka kesempatan Anda untuk menggunakan fasilitas lengkap dari kartu emas maupun platinum akan semakin besar. Namun, kartu klasik pun memiliki fasilitas yang bagus dan menguntungkan pula. Jadi, semua berdasarkan pendapatan Anda sehinga Anda tidak kewalahan nantinya untuk membayar tagihan.

 

2.Pertimbangkan Fasilitas dan Reward yang Ditawarkan Kartu Kredit

Sebelum Anda ingin mengajukan kartu kredit, maka fasilitas yang ditawarkan kartu kredit pun perlu Anda pertimbangkan. Apabila fasilitas seperti diskon belanja, poin, hadiah berupa barang yang ditawarkan kartu kredit tersebut berguna bagi Anda karena sering digunakan, maka kartu kredit jenis itu cocok bagi Anda. Selanjutnya, sejumlah fasilitas tambahan juga ditawarkan oleh penerbit kartu kredit seperti jangkauan penggunaan di dalam dan luar negeri, fasilitas yang berhubungan dengan travelling dan lain sebagainya. Apabila fasilitas tersebut sering Anda perlukan, maka kartu kredit tersebut cocok untuk Anda. Fasilitas yang ada sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

3.Pertimbangkan Suku Bunga yang Dibebankan Kartu Kredit

Tips memilih kartu kredit yang baik dan benar selanjutnya adalah pertimbangkan besarnya suku bunga. Suku bunga yang tinggi cocok bagi Anda yang sering berbelanja bulanan atau pun membelanjakan uang dengan kartu kredit sebagai ganti uang tunai. Apabila setiap bulan Anda akan membayar, maka suku bunga tinggi cocok bagi Anda karena kartu kredit semacam ini juga tidak menarik biaya tahunan, dan ada reward setiap transaksi. Namun apabila Anda menggunakan kartu kredit untuk mencicil atau membelanjakan uang dalam jumlah yang sedikit, maka suku bunga rendah bisa jadi pilihan.

 

4.Perhatikan Jangkauan Jaringan Kartu Kredit

Kartu kredit menawarkan fasilitas yang dapat digunakan di dalam dan luar negeri. Nah, bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, maka pastikan Anda memilih jenis kartu kredit yang menyediakan jangkauan luas tersebut.

 

5.Jangan Lupa Pastikan Tingkat Keamanannya

Menyimpan uang di bank dan membelanjakannya melalui kartu kredit tidak serta merta membuat keamanan uang Anda tersebut terjamin. Oleh karena itu, demi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi, pastikan bank penerbit menjamin keamanan simpanan uang Anda dengan fasilitas yang meyakinkan. Keamanan tersebut dapat berupa tanda tangan yang harus Anda bubuhkan di kartu kredit tersebut, foto diri Anda, atau pun asuransi pemegang kartu kredit. Pastikan Anda menggunakan fasilitas keamanan tersebut.

Demikian, semoga tips memilih kartu kredit yang baik dan benar dapat membantu Anda mendapatkan kartu kredit dambaan.